LIVE! Streaming RCTI -Klik Disini-

Djarum Super MLD : Kiddle.ID
Tidar Sakti

3 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar 2017, Wajib Dibaca!

Advertisement

Tanda Lailatul Qadar 2017 – Halo sobat muslim! Sudah kah Anda mempersiapkan diri menyambut malam seribu bulan? Yah, semua umat muslim selalu menantikan keistimewaan dan hikmah malam lailatul qadar yang datang pada bulan Ramadan.

Saking istimewanya malam Lailatul Qadar, surat Al-Qadr ayat 1-5 telah menjelaskan mengenai tiga macam kelebihan malam seribu bulan ini yaitu:
  1. Orang yang beramal pada malam itu akan mendapat pahala sebanyak lebih dari 1000   bulan yaitu 83 tahun empat bulan
  2. Para malaikat turun ke bumi, mengucapakan salam kesejahteraan kepada orang-orang yang beriman.
  3. Malam itu penuh keberkahan hingga terbit fajar
Banyak manfaat lailatul qadar yang bisa dirasakan oleh umat muslim. Misalnya, ketenangan luar biasa dalam menjalankan ibadah pada malam itu dan akan dikabulkan semua doa-doanya. Lantas, bagaimanakah tanda-tanda malam lailatul qadr 2017 datang? Untuk itu, yuk simak ciri-ciri malam lailatul qadar berikut ini:

Langit Cerah Malam Hari
Foto via Bintang.com
  • Langit Cerah
Pada saat malam lailatul qadar, malam hari tampak langit begitu cerah dan tidak berawan. Suasana malam begitu tenang dan terang. Bintang dan bulan seolah-olah berlomba-lomba untuk menyinari malam hari itu. Suhu udara juga relatif sedang yang artinya tidak terlalu panas dan tidak dingin. Hal ini bisa Anda bandingkan dengan malam sebelum dan sesudah lailatul qadar.

Keadaan alam seolah-olah siap menyambut datangnya para malaikat yang banyak turun ke bumi untuk memberikan keberkahan. Yah, salah satu keistimewaan dan hikmah malam lailatul qadar adalah datangnya para malaikat untuk memberikan rahmat kepada mereka yang khusuk beribadah saat itu.

Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat Watsilah bin al-Asqo’ dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam: “Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan).

Foto via Flickr.com
  • Bulan Tampak Separuh Bulatan
Bukan hanya langit dan bintang saja yang bisa menjadi pertanda alam, tetapi bulan pun tunduk akan datangnya para malaikat. Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat Abu Hurairoh radliyallahu’anhu seperti berikut ini:

Kami pernah berdiskusi tentang lailatul qadar di sisi Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam, beliau berkata, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” (HR. Muslim)

Foto via Okezone.com
  • Matahari Terbit Bagaikan Mangkuk
Keesokan harinya, matahari terbit seperti mangkuk yang putih cemerlang. Tak ada noda atau bintik sedikit pun yang merusak cahayanya. Sinarnya pun tidak terasa membakar kulit. Hal ini menjadi salah satu pertanda alam bahwa para malaikat telah meninggalkan bumi saat  fajar waktu subuh telah terbit. Hal ini dijelaskan oleh hadist riwayat Ibnu Abbas radliyallahu’anhu seperti berikut ini:

Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.” (Hadist hasan)

Nah, itulah ketiga tanda-tanda malam lailatul qadar di tahun 2017. Untuk itu, cara mendapatkan malam lailatul qadar juga wajib Anda baca. Perlu Anda ketahui, pengertian malam lailatul qadar bukan hanya malam seribu bulan saja, tetapi juga malam penuh keberkahan. Selamat beribadah!
Advertisement
BAGIKAN:

+1

PROMO! Talenan Hias -Klik Disini-