Jadwal Liga 1 Indonesia

Bacaan Niat Sholat Isya, Subuh, Dhuhur, Ashar dan Maghrib yang Benar!

Advertisement

Bacaan Niat Shalat - Bagaimana bacaan niat sholat fardhu (sholat lima waktu) jika dilakukan sendiri? Apakah ada perbedaan bacaan niat ketika seseorang melakukan shalat isya, subuh, dhuhur, ashar dan maghrib secara berjamaah, baik sebagai imam maupun sebagai makmum? Semua akan di ulas lengkap dibawah ini.

Sholat merupakan salah satu rukun islam yang wajib hukumnya untuk dijalani oleh semua umat muslim di dunia. Syahadat merupakan rukun islam pertama, kemudian menjalankan sholat lima waktu adalah rukun islam kedua, disusul dengan zakat, puasa dan naik haji jika mampu secara lahir batin (baik materi maupun non materi).

Jika ada yang menyatakan bahwa sholat merupakan tiang agama, itu memang benar adanya. Apa arti dari sholat adalah tiang agama? Artinya seperti ini, jika islam adalah sebuah rumah maka sholat adalah tiangnya (sebagai penopang) jika hilang tiang tersebut maka rumah (islam) itu akan roboh.

Gambar Orang Sholat : Kiddle.ID
Foto via Suherlin.com

Maka dari itu, sebagai orang muslim wajib hukumnya untuk mengerti bagaimana tata cara sholat, baik itu sholat fardhu maupun shalat sunnah, termasuk di dalamnya harus mengerti betul rukun dan syarat sah sholat seperti suci dari hadast besar dan kecil, suci pakaian dan tempat sholat dari najis dll.

Namun disini Kiddle.ID akan tidak akan membahas syarat sha sholat, wudhu, najis dll disini. Hal tersebut akan di ulas tersendiri. Pada tulisan kali ini Kiddle.ID akan berbagai mengenai, bagaimana sih bacaan sholat Isya, Subuh, Dhuhur (dalam bahasa jawa biasa disebut Lohor), Ashar dan Maghrib (ISLAM) yang benar?
Share sekarang juga ⇨ Inilah 4 keistimewaan dan hikmah malam lailatul qadar
Ada dua hal yang wajib diperhatikan sebelum Anda menunaikan sholat lima waktu yaitu, sholat sendirian atau berjamaah dan jika Anda sholat berjamaah, apakah Anda sebagai imam atau makmum? Nah untuk lebih jelasnya, mari kita simak tulisan lafadz arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia dari bacaan niat sholat fardhu dibawah ini:

Shalat Isya

ُصَلّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأمُومًا/إمَامًا) ِللهِ تَعَالَى 

Tulisan latin: "Ushalli fardhol isyaa'i arba'a rakaatim mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa".
Terjemahan bahasa Indonesia: Aku niat melakukan sholat fardhu Isya' empat raka’at menghadap kiblat (ma'muman / imaman) karena Allah Ta’ala.

Sholat Subuh

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأمُومًا/إمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin: "Ushalli fardhash-shubhi rak’ataini mustaqbilal-qiblati adaa'an (ma'muuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa".
Terjemahan bahasa Indonesia: Aku niat melakukan sholat fardhu subuh dua raka’at menghadap kiblat (ma'muman / imaman ) karena Allah Ta’ala.

Sholat Dhuhur

ااُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأمُومًا/إمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin: "Ushalli fardhazh-dzuhri arba’a raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa".
Terjemahan bahasa Indonesia: Aku niat melakukan sholat fardhu dzuhur empat raka’at menghadap kiblat (ma'muman / imaman) karena Allah Ta’ala.

Sholat Ashar

اُصَلّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأمُومًا/إمَامًا) ِللهِ تَعَالَى 

Tulisan latin: "Ushalli fardhal ‘ashri arba’a raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa".
Terjemahan bahasa Indonesia: Aku niat melakukan sholat fardhu Ashar empat raka’at menghadap kiblat (ma'muman / imaman) karena Allah Ta’ala.

Shalat Maghrib

اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأمُومًا/إمَامًا) ِللهِ تَعَالَى 

Tulisan latin: "Ushalli fardhal maghribi tsalasa roka'aatim mustaqbilal-qiblati adaa'an (ma'muuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa".
Terjemahan bahasa Indonesia: Aku niat (sengaja) melakukan sholat fardhu maghrib tiga raka’at menghadap kiblat (ma'muman / imaman) karena Allah Ta’ala.

PERHATIAN! Jika Anda sholat sebagai imam maka menggunakan (imaman), jika bertindak sebagai makmum menggunakan bacaan (makmuman). Sedangkan jika Anda sholat sendiri maka tidak perlu menggunakan (مَأمُومًا/إمَامًا) makmuman maupun imaman.
Wajib tahu ⇨ Ini tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar
Itulah tulisan bacaan niat sholat Isya', sholat Subuh, sholat Dhuhur, sholat Ashar dan sholat Maghrib dengan lafadz arab dan latin beserta terjemahannya. Bagaimana dengan bacaan niat sholat sunnah tahajud, istiqarah, sholat hajat dan sholat taubat? Nantikan pada postingan Kiddle.ID selanjutnya ya!
Advertisement
BAGIKAN:

+1

PROMO! Talenan Hias -Klik Disini-