Jadwal Liga 1 Indonesia

5 Tips Agar Jam Dinding Anda Awet

Advertisement

Agar Jam Awet - Jam adalah benda yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Fungsi utama jam adalah untuk menunjukan waktu. Anda pasti juga tidak asing dengan jam dinding. Jam ini pasti berukuran lebih besar dari jam weker atau jam tangan.

Setiap rumah pasti memiliki jam dinding. Biasanya terdapat di ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, atau ruang kerja. Selain di rumah, jam dinding juga dapat kita temukan di kantor, sekolah, dan sebagainya.

Penunjuk waktu ini sangatlah dibutuhkan. Dengan adanya benda ini, kita akan mudah mengatur waktu. Orang cenderung melihat jam dinding, bahkan saat mereka memakai jam tangan pun, mereka akan tetap melihat jam dinding karena ukurannya.


Saat ini, semua produsen jam dinding mengeluarkan berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna yang menarik. Berbagai merk dengan harga yang bervariasi juga dipasarkan.

Kita sebagai pembeli harus memperhatikan jam dinding yang akan dibeli. Apakah jarum jam berfungsi dengan baik atau tidak? Apakah batrenya berfungsi? Apakah modelnya bagus dan cocok dengan pilihan Anda?

Nah, untuk membuat jam dinding awet, maka Anda harus memperhatikan beberapa cara ini. Yuk simak tips nya.
  • Gantilah batrenya
Apabila Anda merasa bahwa jam dinding sudah mulai aneh putarannya, atau bahkan jarumnya tiba-tiba diam, maka Anda harus mengganti batrenya agar dapat berfungsi kembali.
  • Jangan tempel di dinding
Maksud dari tips ini adalah, jangan langsung menaruh jam Anda di dinding. Berilah alas untuk jam dinding Anda. Alas ini penting apalagi untuk mesin jam. Alas yang bisa Anda gunakan yaitu plywood, papan kayu, atau kardus yang tebalnya minimal 1 cm.

Fungsinya adalah mencegah dinding dari lembab karena ruangan yang tidak terkena banyak sinar matahari, atau dinding yang basah karena adanya kebocoran. Intinya, papan atau alas sangatlah dibutuhkan untuk mengurangi kerusakan di mesin jam Anda.
  • Pilihlah jam dinding yang mesinnya tidak langsung menempel
Ada juga jam dinding di desain mesinnya tidak langsung menempel ke dinding. Jadi Anda tidak harus menaruh alas di mesin jam dinding.
  • Bersihkan jam dinding
Walaupun jam ditaruh diatas, bukan berarti kita tidak harus membersihkannya. Justru, karena jam ini berada diatas, maka akan lebih berdebu. Kenapa? Karena letak jam yang berdekatan dengan plafon dan debu serta kotoran akan lebih mudah menempel.

Cara membersihkannya adalah dengan dilap dengan kain setengah basah dan disapu dengan kemoceng atau sapu kecil agar kaca jam lebih kinclong dan terlihat bersih.

Bersihkan juga lingkaran jam dan bagian belakangnya. Karena debu pada bagian tersebut akan lebih banyak terkumpul. Walaupun dari jauh terlihat bersih, namun Anda harus cek setiap minggu dan membersihkannya.
  • Ganti mesin
Tips yang satu ini untuk jam dinding yang rusak. Daripada Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk beli jam dinding baru, Anda mungkin harus mempertimbangkan membeli mesinnya saja. Mesin baru juga lebih hemat dibandingkan harus membeli jam utuh yang baru. Anda dapat mendapatkan mesin baru di toko servis jam atau di website seperti MatahariMall.

Selain memiliki peranan penting dalam menunjukan waktu, jam dinding juga dapat menjadi aksesoris rumah Anda. Jangan lupa untuk selalu rutin merawat jam dinding Anda. Jadi, demikianlah 5 tips dari kami. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam merawat jam dinding!
Advertisement
BAGIKAN:

+1

PROMO! Talenan Hias -Klik Disini-